Tips Telepon dan Koneksi Murah Selama Jalan-jalan ke Singapore

Advertisement
Jalan jalan ke Singapore memang asik, lebih asik lagi kalau bisa tetap terkoneksi dengan internet dan tentunya terhubung dengan semua teman Anda di media sosial. Apalagi jika harus menggunakan roaming untuk menelepon yang tentunya harus mengeluarkan biaya yang mahal. Nah, bagi kamu yang mau jalan-jalan murah di Singapura, kali ini saya akan berbagi informasi seputar telepon dan sim card di Singapura sehingga kamu bisa menghemat biaya telepon.
Lihat juga: Tips Wisata Hemat ke Singapore

Masalah roaming, sebenarnya tergantung dari operator apa yang kita pakai di Indonesia. Kita bisa cek terlebih dahulu masalah biaya dan cara registrasinya. Tapi bagi Anda yang tidak ingin ribet dengan urusan roaming atau Anda ingin mengeluarkan biaya yang lebih murah, maka Anda bisa mengganti dengan sim card Singapore. Dengan menggunakan Sim card Singapore, Anda akan dikenakan tarif lokal jika ingin menelpon taksi atau hotel tempat Anda menginap.

Seputar SIM card di Singapore

Jika Anda memutuskan untuk membeli kartu sim Singapura, ada beberapa provider yang bisa Anda gunakan yaitu SingTel, Starhub atau M1. Kalau saya sih rekomendasikan untuk pake SingTel (bukan promo yah..hihi). Kenapa SingTel, karena menurut saya, dari semua operator di Singapore, SingTel ini memiliki sinyal yang paling bagus. Paket data tetap aktif dengan lancar walau di dalam MRT bawah tanah sekalipun. Selain itu, cara daftar paket internetnya juga mudah. Anda tinggal ketik *363#, lalu pilih paket internet yang Anda inginkan.

sim card di singapore, kartu sim singapura, telepon di singapura,

Untuk mendapatkan kartu sim SingTel ini, Anda bisa beli di Seven11 atau di Conture SingTel yang terdapat di mall-mall. Harga kartu perdananya adalah S$15 dan top up pulsanya S$18. Nah, kalo Anda membeli sim card hanya untuk terkoneksi dengan internet, chatting, dan upload foto-foto narsis saat traveling, S$15 itu sudah cukup untuk data selama seminggu. Kecuali kalau Anda akan menelpon, ya harus isi pulsa tambahan di Seven11 atau counter-counter. Sebagai informasi, sistem top-up provider di Singapura hanya ada satu macam ya, beda sama di Indonesia yang tersedia banyak nominal.

Nah, bagi Anda yang langsung ingin online saat tiba di Singapore, ada juga yang menjual kartu sim di Bandara Changi tapi dengan harga yang agak mahal. Sekitar S$28 untuk kartu perdananya saja, sedangkan untuk isi pulsanya seharga S$31. Satu lagi, jangan lupa untuk membawa passport saat membeli kartu, karena proses daftar kartu sim harus pake passport.

Masalah Wi-fi Gratis di Singapore

Nah, sebagai alternatif bagi Anda yang ingin terkoneksi dengan internet, Anda juga bisa menggunakan Wi-fi gatis di Singapura. Tapi ingat, tidak semua tempat sinyal Wi-fi gratis ini kencang, seperti di dalam ruangan dan mall-mall bisanya sinyal wifi tidak bagus. Untuk menggunakan Wi-Fi gratis ini, Anda tinggal konek ke jaringan “Wireless@SG” dan isi passwordnya. Anda bisa tanyakan password ini saat di Changi atau ikuti langkah-langkah berikut:

  • Setelah mengaktifkan jaringan Wi-fi di handphone atau gadget Anda, silahkan pilih jaringan “Wireless@SG” lalu pilih “Sign-up Now”

  • tips internet di singapura, koneksi di singapura, tips hemat di singapura

  • Kemudian masukkan nomor Hp Indonesia Anda untuk menerima username dan password yang dikirim lewat SMS.

  • tips internet di singapura, koneksi di singapura, tips hemat di singapura

  • Jika sudah masuk, masukkan username dan password tadi di form selanjutnya dan klik Login.

  • tips internet di singapura, koneksi di singapura, tips hemat di singapura

Sekarang Anda sudah bisa tersambung ke Wi-fi nya Singapura. Selain Wi-fi Gratis ini, biasanya hotel-hotel di Singapore juga memberikan fasilitas Wi-fi gratis atau akses internet gratis. Beberapa hotel yang memberikan akses internet gratis cukup baik seperti Ocean WiFi Hotel dan WiFi Bontique Hotel. Dengan menginap di hotel-hotel ini, Anda bisa brosing dan upload-opload foto sesuka hati saat berada di penginapan dengan wi-fi hotel dan tetap terkoneksi saat jalan-jalan di Singapore dengan menggunakan wi-fi gratis.

Update: Tempat Asik Internetan Gratis di Changi

Nah, ada satu tempat yang saya rekomendasikan supaya kamu bisa internetan asik dengan duduk manis sekaligus ditemani makanan dan minuman. Namanya "24HR Food Gallery", food court ini terletak  di lantai 3 Terminal 1. Kamu bisa temukan tempat ini dengan naik eskalator pertama di kanan setelah meja Imigrasi (pemeriksaan paspor).

Pilihan makanan ada "Noodle House", "Singapore Roast", "PEKAN Nasi Padang", "Taste of India" (vegetarian), dan ada bar kecil buat yang ingin minum bir atau cocktail. Cara membayar konsumsinya selain dengan Singapore Dollar bisa juga dengan mata uang asing utama seperti US Dollar, Euro, Yen dan lain-lain.

Picture by JalanJajanSingapura.com
Advertisement
Tips Telepon dan Koneksi Murah Selama Jalan-jalan ke Singapore | Hendsg67 | 5

4 komentar:

  1. Gan, kalau penggunaannya pake wifi@sg, gimana kita cara dpt SMSnya?? Sedangkan pas sampai changi kan nomor indonesia kita udah gak dpt jaringan signalnya itu.. heehhe mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok gan, jadi sebelum berangkat aktifkan paket roaming, jadi pas disana nomernya masih bisa dipake.
      Semoga membantu.

      Hapus
  2. trs kalo udh balik ke Indo kartunya msh bisa dipake ga disini gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa gan, kan ga ada providernya di Indonesia.

      Hapus