Liburan Murah ke Singapura lewat Batam

Advertisement
Jalur perjalanan dari Batam ke Singapura kini semakin menjadi pilihan banyak orang. Mengingat tiket pesawat Jakarta-Batam yang semakin murah. Jika dijumlahkan dengan ongkos penyeberangan kapal ferry menuju Singapura akan lebih murah jika dibandingkan harus menggunakan pesawat langsung dari Jakarta ke Singapura. Itulah sebabnya jalur ke Singapore lewat Batam seringkali menjadi pilihan terbaik khususnya bagi Anda yang ingin melakukan jalan jalan ala backpacker ke Singapore atau yang ingin berwisata dengan budget murah.

Penerbangan ke Batam 

Anda tidak perlu khawatir masalah penerbangan menuju Batam, karena saat ini telah tersedia banyak penerbangan menuju Bandara Hang Nadim di Batam dari kota-kota di Indonesia dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Anda bisa mencarinya melalui kolom pencarian pesawat di samping.

liburan ke singapura, ke singapura lewat batam, ke singapore lewat batam, ke singapura dari batam, bandara di batam

Saat mendarat di Bandara Hang Nadim, sebaiknya Anda membeli tiket ferry terlebih dahulu. Karena tiket di bandara sedikit lebih murah (sekitar S$2) dibandingkan Anda membeli tiket di pelabuhan.
Dari bandara, Anda bisa langsung menuju pelabuhan ferry dengan menggunakan taksi yang banyak berjejer di depan pintu utama Bandara Hang Nadim. Anda tinggal pilih salah satunya dan langsung menuju pelabuhan. Biasanya pihak taksi sudah menetapkan harga tetap dan tidak menggunakan argo.

Ada beberapa pelabuhan lain melayani penyeberangan menuju Singapore seperti pelabuhan Batam Center, Sekupang, Tanjung Balai, dan Tanjung Pinang. Tapi dari beberapa pelabuhan tersebut, Batam Center lah yang jaraknya paling dekat menuju Singapura dan mudah dijangkau dari bandara sehingga Batam Center seringkali menjadi pilihan terbaik untuk menuju Singapura lewat Batam.

Jadwal Ferry Batam Singapore

liburan ke singapura, ke singapura lewat batam, ke singapore lewat batam, ke singapura dari batam, loket feri ke singapura, loket feri di batam, feri batam fast
Penyeberangan ferry dari Batam Center ke Harbourfront Singapura tersedia hampir setiap jam, mulai jam 6 pagi sampai jam 9 malam. Sebaiknya Anda datang lebih awal karena Anda harus mengurus dokumen imigrasi terlebih dahulu. Waktu yang diperlukan untuk mengurus dokumen imigrasi sekitar setengah jam. Jadi sebaiknya Anda tiba di pelabuhan minimal satu jam sebelum waktu pemberangkatan yang Anda inginkan, karena waktu check in akan ditutup 20 menit sebelum keerangkatan.

Perjalanan ferry dari Pelabuhan Batam Center menuju Harbourfront Singapura memerlukan waktu sekitar satu jam. Perlu diingat, waktu di Singapura lebih cepat satu jam dari Batam. Jadi, jika Anda berangkat jam 9 pagi, maka Anda akan tiba jam 11 di Singapura. Sebaliknya, jika Anda berangkat dari Singapura jam 11, maka Anda akan tiba di Batam jam 11 juga waktu Batam.

*) Informasi mengenai jadwal ferry Batam Singapore 2016 terbaru bisa Anda lihat di situs operator ferry seperti http://sindoferry.com.sg atau www.batamfast.com.

Tiket Ferry Batam Singapore 2016

Setelah tiba di pelabuhan Batam Center, Anda bisa langsung membeli tiket ferry di counter resmi yang ada disana. Harga tiket ferry Batam ke Singapura 2016 adalah S$11 (sekitar Rp. 150.000). Harga ini belum termasuk terminal tax Batam sebesar S$8 dan terminal tax di Singapore sebesar S$6. Pada waktu-waktu tertentu seperti bulan bulan Juni-Juli, biasanya ada pemberian vocer potongan sebesar S$10 yang hanya bisa dipakai di Pelabuhan Batam Center. Biasanya juga ada promo tiket Batam Fast jika Anda melakukan booking online melalui website mereka, silahkan cek website resmi Batam Fast untuk melihat harga promo.

Untuk pembayarannya, Anda bisa menggunakan dollar Singapura (S$) atau dengan uang rupiah dengan nilai tukar yang berlaku saat pembelian tiket. Pada saat membeli tiket dan booking ferry, Anda juga harus menyiapkan paspor Anda karena petugas loket akan membuat boarding pass sesuai dengan nama di paspor Anda dan tidak bisa dipindah tangankan. Selain itu, petugas juga akan memberikan Anda dua kartu imigrasi, yang satu adalah kartu imigrasi Indonesia dan satu lagi adalah kartu imigrasi Singapura.

Jika Anda memiliki koper dan tidak ingin repot-repot membawanya ke ferry, Anda juga bisa memasukkan koper Anda sebagai bagasi di counter bagasi. Nantinya, Anda akan diberikan tag bagasi, sama dengan yang di bandara jika kita naik pesawat. Perlu diketahui, Anda juga perlu mengurus bagasi setelah tiba di Singapura dan ada biaya porter yang harus dibayar sesuai dengan jumlah bagasi Anda.

Setelah semua urusan selesai, pergilah ke ruang tunggu sampai ada panggilan untuk feri Anda. Siapkan boarding pass Anda saat hendak naik karena petugas akan memintanya sebelum Anda naik ke feri.

Harbourfront Ferry Terminal

pelabuhan harbourfront singapore, pelabuhan feri di singapura, pelabuhan harbourfront, liburan ke singapura, ke singapura lewat batam, ke singapore lewat batam, ke singapura dari batam

Setibanya di Harbourfront Singapura, Anda harus membawa barang-barang Anda sendiri menuju imigrasi dan custom. Jika Anda datang ke Singapura sebagai wisatawan, gunakan lajur “All Passports”. Tapi jika Anda tinggal di Singapura, pemegang employment pass atau Anda bekerja di Singapura, gunakan lajur “Singapore Passports” agar lebih cepat.

Pastikan passport Anda telah di cap oleh petugas imigrasi sebelum Anda pergi. Setelah melewati custom dan pengecekan barang bagasi, barulah Anda keluar dari terminal feri. Saat keluar, Anda akan langsung masuk ke Harbourfront Center karena memang satu gedung dengan pelabuhan feri. Harbourfront Center merupakan salah satu pusat perbelanjaan mewah di Singapura. Gedung ini juga terhubung dengan VivoCity, pusat dan perbelanjaan dan hiburan yang tidak kalah megahnya dari Harbourfront Center. Dari VivoCity, Anda bisa naik monorail Sentosa Express menuju pulau Sentosa.

Pilihan Transportasi di Harbourfront

Jika Anda belum berencana untuk ke Pulau Sentosa, Anda bisa langsung keluar dan menuju wilayah Singapura lainnya Ada banyak pilihan transportasi di Harbourfront yang bisa Anda gunakan untuk menuju wilayah lainnya di Singapura. Jika Anda ingin menggunakan MRT, maka Anda tinggal jalan terus ke bagian depan mall dan cari eskalator turun ke stasiun MRT di bawah tanah. (Baca juga: Petunjuk Peta MRT Singapura untuk melihat cara ke tempat tujuan Anda).

Jika Anda ingin menggunakan taksi, Anda bisa langsung ikut antrian taksi di sebelah timur mall, tidak jauh dari restoran McDonalds di lantai satu. Alternatif lain, Anda bisa pergi ke taxi stand di lantai dua VivoCity, tidak jauh dari lorong penghubung Harbourfront Centre dan VivoCity di dekat kedai New York Pizza. Kalau ingin naik bus, Anda bisa jalan ke depan mall dan menunggu lah di bus stop pinggir jalan, atau naik ke lantai dua dan menyeberangi jembatan penyeberangan ke terminal bus Harbourfront di seberang mall.
Advertisement
Liburan Murah ke Singapura lewat Batam | Hendsg67 | 5

5 komentar:

  1. Fiskal itu harus dibayar 500rb perorang ya?

    BalasHapus
  2. Kalau unutk rute backpacker dari gimana gan ?

    BalasHapus
  3. Kalo harga Ticket Feri-nya 150 dan hrs byr Taxi, ya tetap lebih enak langsung dong, dihitung2 bisa biayanya sama saja, bahkan akan lebih murah kalo dpt Ticket promo

    BalasHapus
  4. Kalau balik ke batam, apa tetap menggunakan rute yang sama?

    BalasHapus